Pentingnya Persiapan Bahan Makanan Menjelang Puasa

Foto ; pixabay.com

nusiva.satuw.comPentingnya Persiapan Bahan Makanan Menjelang Puasa.Kita ketahui bersama bahwa pada saat menjelang puasa pasti bahan pangan akan mahal. Hal inilah yang selalu diantisipasi oleh banyak masyarakat muslim di pedesaan. Puasa yang merupakan kewajiban rutinitas setahun sekali dirayakan dengan sangat istimewa tentu saja dengan memperlakukannya beda dengan di bulan-bulan yang lain. Bahan makanan yang perlu dipersiapkan yaitu beras, bawang, gula, terigu dan bumbu dapur.

1. Beras

Beras merupakan bahan pokok yang utama sekali di bulan Ramadhan yang perlu disiapkan jauh-jauh hari sebelum bulan puasa tiba. Hal ini agar bisa menghemat belanja saat menyambut bulan puasa sehingga kita tidak lagi repot-repot memikirkan bahan konsumsi. Bila beras sudah tersedia di jauh awal ramadhan membuat kita hanya fokus beribadah saat bulan puasa tiba. Mengantisipasi dengan persediaan bahan makanan yang cukup memang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat muslim di berbagai daerah di Indonesia khususnya di daerah terpencil.

2. Gula dan Terigu

Mempersiapkan gula dan terigu jauh hari sebelum masuk puasa adalah hal yang penting karena gula dan terigu adalah kebutuhan dasar pembuatan kue. Kita ketahui bersama bahwa di bulan ramadhan konsumsi kue kita akan semakin meningkat jauh lebih tinggi dibanding bulan-bulan biasanya. Gula dan terigu juga rentan terhadap kenaikan harga. Tentu saja akan mahal saat masuk bulan puasa. Bagi keluarga kecil mungkin persiapan 1 karung gula dan 1 karung terigu sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan. Selain gula dan terigu juga ada mentega, telur dan bahan kue lainnya yang perlu disiapkan.

3. Bawang dan bumbu dapur

Bawang merah dan bawang putih merupakan kebutuhan dapur yang sangat penting dipersiapkan sebelum masuk puasa. Hal ini karena bawang sering mengalami kelangakaan dan harga melambung tinggi seperti saat ini. Kebutuhan akan bawang pada cita rasa masakan menentukan kualitas gizi makanan yang kita konsumsi selama berpuasa. Makanan sahur semua orang menginginkan lezat dan bergizi sehingga energi kita menjalani puasa tidak kendor. Jangan lupa juga bumbu dapur seperti merica, kuning, minyak goreng, ketumbar, cabe dan lainnya juga perlu dipersiapkan. Tak kalah pentingnya juga mempersiapakan bahan bakar dapur seperti tabung LPG dan minyak tanah.

Banyak orang yang tidak terlalu peduli mempersiapkan segala hal bahan makanan menjelang ramadhan, justru cenderung merepotkan dan membuat dana keuangan terkuras. Bayangkan bila 2 minggu sebelum puasa harga bawang merah menyentuh kisaran 20ribu per kilo dan masuk puasa sudah menyentuh 35-40ribu per kilo. Tentu saja akan menguras dompet kita apalagi bila kita hanyalah berpenghasilan sedikit. Tentu bagi ibu-ibu perlu dipertimbangkan lagi cara mempersiapkan semua hal jauh hari sebelum kita berpuasa. Bila semua persiapan sudah ada, kita hanya biasa fokus membeli ikan dan sayur setiap hari dan tidak lagi pusing memikirkan yang lain-lain.


Post a Comment for "Pentingnya Persiapan Bahan Makanan Menjelang Puasa"